Sejarah Stussy dan Perkembangannya di Dunia

Sejarah Stussy – Streetwear merupakan salah satu gaya khas dari fashion jalanan. Awalnya streetwear berakar dari budaya sufring dan skater dan berkembang mencakup unsur-unsur seperti hip-hop, street fashion dan budaya urban modern culture.

Gaya streetwear biasanya ditunjukkan secara konstan yang berpusat pada jenis pakaian casual, celana jeans, t-shirt, topi snapback, dan sneakers. Jika kamu ingin gaya ala streetwear maka kamu harus mengenali terlebih dahulu brand-brand yang menjual pakaian streetwear, salah satunya adalah Stussy.

Sejarah Stussy

Sejarah Stussy
jakemichaels.com

Shawn Stussy adalah orang yang membuat brand stussy ini. Memang sejak masih kecil Shawn banyak sekali menghabiskan waktunya untuk surfing, hingga di umur 13 tahun shawn dapat membuat surfingnya sendiri hingga 2 tahun kemudian ia direkrut oleh perusahaan papan surfing.

Kemudian di tahun 1979 saat Shawn tepat berumur 24 tahun, ia akhirnya membuat papannya sendiri dan memberikan tanda tanggannya yang kemudian menjadi ciri khas dan logo pada brand streetwearnya.

Setelah itu ia pun memutuskan untuk menambahkan ke bagian T-shirt dan juga sweaters dan menjualnya pada komunitas surf di tempatnya, nah itulah awalnya brand stussy ini lahir.

Sejarah Stussy Tahun 1980 hingga 2000-an

Sejarah Stussy
Pinterest.com

Pada tahun 1983 Shawn mulai bekerjasama dengan teman lamanya yaitu Frank Sinarta Jr. Frank ini adalah seorang akuntan yang melihat potensi Stussy yang sangat besar untuk menjadi brand yang sangat terkenal dan ia berani menginvestasikan $5.000 untuk menjadi partner Shawn. Dan pada akhirnya di tahun 1984 Stussy Inc. resmi berdiri dan dua tahun setelahnya perusahaan ini resmi terdaftar di Amerika Serikat.

Di tahun 1986 Stussy menjadi brand yang sangat berkembang dan menjadi sebuah culture baru dan Streetwear. Hingga saat mulai hypenya culture hip-hop di dunia, stussy juga mulai menambahkan topi sebagai seri baru pada fashion produknya.

Tidak hanya itu, brand stussy ini juga banyak digunakan oleh artis-artis hip-hop saat itu hingga menjadi brand terkenal di masyarakat melalui word of mouth fans-fans dari salah satu artis hip-hop yang menggunakannya. Hingga pada saat itu stussy juga menjadi sangat identik dengan musik hip-hop yang ada.

Sampai suatu waktu kultur skateboard juga sedang hype di Eropa dan Jepang, Stussy kemudian merambah juga di dunia skateboarding dengan membuat sponsor dan tim skateboarding sendiri bersama para pemain skateboard seperti Scott Johnson, Richard Mulder, dan Danny Montoya.

Revolusi Streetwear

Sejarah Stussy
Youtube.com

Di tahun 2001 salah satu brand sneakers terbesar Nike pun sangat tertarik untuk merevolusi dunia sneakers. Akhirnya Nike juga berkolaborasi bersama Stussy untuk membuat revolusi dalam kultur baru di dunia sneakers. Nah, akhirnya terciptalah kolaborasi pertama yaitu Nike x Stussy Huarraches dan kolaborasi kedua yaitu Nike Dunk High.

Produk hasil kolaborasinya ini dibuat bersama-sama dengan jumlah yang terbatas tetapi hebatnya habis dalam kurun waktu hanya 2 hari. Sejak saat itulah brand ternama lainnya juga mengajak Stussy untuk berkolaborasi seperti sesama brand streetwear seperti Supreme, Bape, dan lain-lain.

Hingga kini brand Stussy sudah memiliki ratusan toko yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri kamu dapat memiliki pakaian streetwear ini melalui Online harganya berkisar antara Rp.400.000 – Rp. 1.000.000,-.

Itulah sekilas tentang sejarah stussy. Memang perjalannya cukup lama untuk menjadi brand yang terkenal di seluruh dunia tetapi itulah proses yang dihadapi oleh Stussy. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari sejarah di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *