Sejarah Perkembangan Musik EDM

Sejarah Musik EDM

Sejarah Musik EDM – Berbicara soal musik, mungkin kalian pernah dengar EDM? Ituloh musik yang lagi trend zaman sekarang atau musik dance yang biasa digunakan para DJ. EDM sendiri kepanjangan dari Electronic Dance Music, jenis musik ini menang erat kaitannya dengan kehidupan malam, lantai dansa, dan disc jockey (DJ) atau produser musik elektronik.

Electronic dance musik merupakan produksi dari berbagai instrumen elektronik  seperti synthesizer, midi keyboard, turntable, mixcer, bass dan lainnya.

Bahkan kini musik EDM dapat di produksi melalui berbagai aplikasi berbasis komputer. Makanya, hampir tiap DJ atau produser sering tampil dengan menggunakan laptop mereka. Musik yang dihasilkan pun merupakan gabungan beberapa instrumen yang dibentuk dan dihasil dari alat elektronik tersebut.

Sejarah Musik EDM Tiap Zamannya

Tahun 1960-an

Sejarah Musik EDM
gearnews.de

Di tahun 60-an adalah masa dimana musik elektronik lahir. Instrumen elektronik yang digunakan adalah bass dan beberapa synthesizer. Musik jenis lain pun menambahkan instrumen tersebut ke dalam lagu mereka seperti musik pop dan rock. Kamu dapat mendengar salah satu lagu dari pencampuran jenis musik ini yaitu dari band Legendaris The Beach Boys pada lagu Good Vibrations (1966).

Pada masa itu musik EDM belum akrab banget di masyarakat. Tetapi ada satu produser dari Australia, Val Stephen yang merilis satu album penuh EDM di era itu. Nah, setelah kejadian itu banyak juga para produser yang mulai memanfaatkan instrumen elektronik walau sebenarnya digunakan untuk mengatasi masalah pada teknis suara.

Tahun 1970-an

Sejarah Musik EDM
douleutaras.gr

Di era ini yang terkenal adalah musik disko. Musik EDM sendiri dikenal pada masa ini pun merupakan musik elektronik disko. Artis yang populer di tahun 70-an ini seperti Donna Summer atau band Bee Gees. Dalam pertunjukkannya sering menggunakan sentuhan musik elektronik sebagai pendukung penampilannya.

Di era 70-an juga mulai juga band-band yang memang fokus pada musik elektronik dan synthpop yaitu Kraftwerk yang berasal dari Jerman yang terkenal dengan albumnya, Autobahn (1974).

Tahun 1980-an

Sejarah Musik EDM
thinglink.me

Di era 80-an Synthesizer menjadi salah satu instrumen musik elektronik yang dominan setelah kepopuleran Kraftwerk di era 70-an. Akibat kemunculan genre alternatif seperti synthpop, eksistensi musik disko pun mulai memudar.

Tahun 1990-an

Sejarah Musik EDM
cdm.link

Di Era 90-an perkembangan teknologi dan komputer menampakkan hasilnya. Banyak juga orang-orang yang mulai menggunakan komputer untuk memproduksi musik elektronik sendiri. Di wilayah Eropa terutama di Jerman menjadi saksu kemunculan DJ dan para produser musik elektronik ternama.

Di tahun 90-an nama DJ Paul Van Dyk menjadi salah satu DJ penting dalam dunia musik elektronik khususnya pada subgenre musik Trance. Beberapa musik yang tekenal diantaranya remix lagu Love Stimulation karay Humate dan Hit Single Paul yang berjudul For an Angel.

Subgenre Trance sendiri jenis musik dance elektronik yang berkembang di tahun 90-an. Jenis musik ini sering pula di mainkan pada klub-klub, dan ada pula yang menyebutkan bahwa musik trance adalah musik klub.

Tahun 2000-an

Sejarah Musik EDM
songcastmusic.com

Di era ini Elektronic Dance Music juga mulai berkembang, hal ini ditandakan dengan munculnya berbagai sub-genre seperti trap (hip-hop elektronik), dubstep, nu-disco, dan electro house.

Salah satu artis EDM yang bergenre nu-disco adalah dua asal Prancis Daft Punk yang namanya mulai melonjak naik di akhir 1990-an dan awal 2000-an. Ada juga nama-nama DJ yang nama tak asing yang merupakan EDM nu-disco dan electo house di era ini yaitu Calvin Harris, David Guetta, Deadmau5, dan Avicii.

Tahun 2010 Hingga Sekarang

Sejarah Musik EDM
bearwangapparel.com

Kini musik EDM semakin manjamur, di tahun 2010-an sub genre dubstep menjadi semakin dikenal ada era sekarang. Begitu juga dengan electro house yang terus bermunculan di tahun 2010-an.

Para DJ-DJ pun terlihat sering melakukan kolaborasi dengan penyanyi ternama, contohnya saja Calvin Harris yang berkolaborasi dengan Rihanna dalam lagunya We Found Love dan David Guetta feat. Usher dengan lagu Without You.

Di awal tahun 2010-an dubstep juga menjadi musik yang cukup digemari oleh berbagai kalangan apalagi setelah kepopuleran Skrillex dengan memproduksi musik dubstep pada lagu First of The Year (Equinox).

Sejarah musik EDM memang panjang jika diceritakan secara keseluruhan, mungkin itu saja sejarah musik EDM secara singkat tapi yang perlu kalian ketahui adalah nikmati saja musik seperlunya jangan sampai menganggu waktu ibadah kalian kepada Tuhan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *